Beranda Bola Lolos ke Piala Asia U-23, Timnas Indonesia dan STY Sukses Ukir Sejarah

Lolos ke Piala Asia U-23, Timnas Indonesia dan STY Sukses Ukir Sejarah

Lolos ke Piala Asia U-23, Timnas Indonesia dan STY Sukses Ukir Sejarah

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke Piala Asia U-23 setelah mengalahkan Turkmenistan dengan skor akhir 2-0. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Manahan Solo pada Selasa Malam (12/09/2023).

Keberhasilan ini membuat Timnas Indonesia berhasil mencatatkan sejarah lolos pertama kalinya dalam ajang tingkat umur tersebut.

Kompetisi Piala Asia U-23 sejatinya sudah ada sejak tahun 2012 silam. Namun dalam kurun waktu tersebut, Timnas Indonesia selalu gagal lolos ke putaran final ajang tersebut.

Hingga pada akhirnya di tahun ini bersama Shin Tae-Yong (STY), Timnas Indonesia berhasil ‘pecah telur’. Menarikya juru taktik asal korea Selatan tersebut tidak hanya membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke ajang Piala Asia.

Sebelumnya ia juga sudah memastikan Timnas Indonesia senior dan Timnas U-20 lolos ke putaran final ajang paling bergengsi tingkat Asia tersebut.

Dengan demikian STY mampu mencetak rekor apik bagi dirinya sendiri dengan meloloskan semua Timnas dalam berbagai tingkat umur ke ajang Piala Asia.

Timnas IndonesiaLolos ke Piala Asia U-23 Setelah Mengalahkan Turkmenistan

Pada laga ini Shin Tae-Yong memilih untuk mencadangkan Ramadhan Sananta dan memberikan kesempatan kepada Hokky Caraka di lini depan garuda.

Bermain dihadapan pendukungnya sendiri, Timnas Indonesia mencoba tampil menekan sejak kickoff dimulai.

Namun selama 30 menit awal pertandingan, Indonesia sulit membahayakan gawang lawan. Ketidakhadiran Ramadhan Sananta di lini depan sangat terasa.

Hokky Caraka yang mengisi lini depan sulit mengimbangi para pemain Turkmenistan dalam hal bola udara karena memiliki postur tubuh yang lebih tinggi.

Sadar akan kesulitan yang dialami oleh timnya, Ivan Jenner mencoba melakukan cara yang berbeda. Pada akhirnya Timnas Indonesia berhasil unggul pasa menit ke-40 melalui gol Ivar Jenner.

Pemain milik Fc Utrecht tersebut melepaskam tendangan dari luar kotak pinalti lawan. Bola sebenarnya sempat membentur pemain Turkmenistan sebelum pada akhirnya meluncur mulus ke gawang lawan. 

Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia pun bertahan hingga berakhirnya babak pertama.

Di babak kedua tim tamu mencoba untuk lebih menyerang untuk mencari gol penyama kedudukan. Namun rapatnya lini pertahanan Indonesia membuat Turkmenistan kesulitan.

Sampai berakhirnya waktu normal,  Turkmenistan sama sekali tidak mampu mendapatkan gol penyeimbang. Dalam hal ini justru Timnas Indonesia yang kembali menambah keunggulan.

Pratama Arhan sukses mencatatkan namanya di papan skor pada masa injury time dengan sundulan kepalanya. Pemain milik Tokyo Verdy tersebut dengan tenang memanfaatkan umpan cantik dari Muhammad Rayhan Hannan yang baru masuk di babak kedua.

Menariknya lagi Pratama Arhan melakukan selebrasi dengan mengangkat jersey, dimana menampakan kaos yang bertuliskan AZIZAH 20-08-2023.

Ternyata golnya itu ia persembahkan kepada sang Istri yang baru ia nikahi pada bulan Agustus lalu di Jepang.

Gol Arhan tersebut menjadi penutup laga kali ini. Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga berakhirnya laga.

Dengan demikian Indonesia berhasil lolos dengan status juara grup dan akan tampil pada Piala Asia U-23. Kompetisi tersebut akan berlangsung di Qatar mulai tanggal 15 April – 3 Mei tahun depan.

Editor: Muhammad Fauzi
Sumber: 

Komentar
Bagikan:

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan